Wireless….

PMpSat, 28 Apr 2007 14:07:27 +000007Saturday 27, 2007 at 22:07 p04 (Technology)

Kebutuhan informasi melalui internet
––––––––––––––––––––––––––––––––––––
Dewasa ini pemakaian internet sebagai media untuk memperoleh informasi secara cepat, mudah dan murah telah menjadi salah satu kebutuhan berbagai kalangan. Hal ini tampak dari jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, baik untuk keperluan pendidikan, bisnis, ataupun sekedar keperluan komunikasi serta hiburan. Namun penggunaan internet sebagai media informasi saat ini masih dirasakan mahal apabila ditinjau secara ekonomis.

Apakah wireless internet itu & mengapa perlu dikembangkan ?
–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Wireless internet adalah internet yang menggunakan frekuensi
radio dan bekerja pada kecepatan tinggi yaitu 11–54 Mbps, jauh lebih cepat daripada layanan internet melalui telefon yang dikelola PT TELKOM dengan kecepatan maksimum 56 Kbps.
Pemakaian wireless internet memungkinkan akses internet selama 24 jam dengan biaya sangat murah karena wireless internet tidak akan dikenakan pulsa Telkom, sehingga pemakai hanya dikenakan biaya pembayaran kepada Internet Service Provider/ISP–nya saja.

Sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat agar masyarakat secara mandiri dapat lebih maju dalam berbagai hal, tentunya terobosan baru seperti wireless internet ini perlu mendapat perhatian dan dukungan khususnya dari kalangan perguruan tinggi dan pusat–pusat informasi (perpustakaan dll) sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati informasi secara lebih ekonomis.

Bahkan apabila masyarakat sudah benar–benar memahami manfaat wireless internet, dapat dibentuk dan dikembangkan jaringan–jaringan di tingkat RT atau RW sehingga biaya pemakaian internet dapat ditekan menjadi sekitar Rp 150 s/d Rp 300 ribu per rumah setiap bulan untuk akses internet 24 jam.

Prospek pengembangan wireless internet di Indonesia
–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––
Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, sejauh ini telah beroperasi di Indonesia 2500+ node dan hal ini diperkirakan akan terus berkembang pesat seiring dengan perkembanganharga berbagai perangkat pendukungnya yang semakin lama semakin murah.

Atas dasar pemikiran dan kenyataan tersebut , UPT Perpustakaan ITB sebagai pusat informasi memandang perlunya melakukan penyebarluasan informasi mengenai teknologi wireless internet melalui demo instalasi ini.

Wireless internet memungkinkan setiap orang yang memperoleh informasi sebanyak–banyaknya dari berbagai sumber di seluruh dunia secara cepat dan murah, sehingga transfer pengetahuan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Mengapa Anda perlu menghadiri demo instalasi wireless internet ?
Demo akan dipandu langsung oleh Dr.Onno W.Purbo yang selama bertahun–tahun telah meneliti serta mengembangkan internet, dan akan berbagi pengetahuan, pengalaman serta berbagai teknik instalasi wireless internet.

Bila Anda seorang peminat dan pemerhati masalah komputer serta internet, Anda akan melihat bagaimana mudahnya melakukan instalasi dan membangun jaringan wireless internet

1 Comment

  1. agus said,

    Cakinilah Lur……

    Kalo lah ado ide yang bagus-bagus, masuke, jangan sungkan-sungkan igo ngetik tu.

    Biar hemat….Ketik dlo di Word. Pas di warnet baru dimasuke di Blog tercinto ini.

    tentang raso Ati Kau dengan Wong FK** itu jugo dak apo2, as a accesories for you.

    make our self like this, make enjoy and happing fun

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: